3.1. Penerapan ringkaS


PENERAPAN ringkaS adalah kegiatan membedakan antara item-item yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan, dan memusnahkan item-item yang tidak diperlukan. Aktivitas utamanya adalah menyingkirkan semua item-item yang tidak diperlukan dari tempat kerja serta memformulasikan kebijakan untuk mencegah masalah di sumbernya.

Sasaran dari PENERAPAN ringkaS ini adalah :
  • Mendidik Karyawan agar mampu bertindak tepat dan tegas dalam mengambil keputusan kemudian menyingkirkan item-item yang tidak diperlukan dari area kerja.
  • Mengklasifikasikan item-item berdasarkan jenisnya (Inventaris - Persediaan - Arsip).
  • Melakukan tindakan eliminasi di sumbernya.
Langkah awal di dalam tahapan PENERAPAN ringkaS ini adalah mengklasifikasikan item-item yang ada berdasarkan jenisnya :
  • Inventaris, barang-barang yang digunakan dengan masa pakai/usia lebih dari 6 bulan.
    • Mesin, Meja, Kursi, dll.
  • Persediaan, barang-barang yang disimpan/digunakan dengan masa pakai/usia kurang dari 6 bulan.
    • Bahan Baku, Barang dalam proses, Barang jadi, dll.
  • Arsip, sekumpulan informasi yang tersimpan dalam media perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak/elektronik (software) yang digunakan untuk pekerjaan.
    • Laporan, Rujukan, Sampel/Contoh Produk, Compact Disc (CD), dll.
Diagram 3.1.1 : Diagram Aliran Proses ringkaS.

Diagram 3.1.2 : Diagram Klasifikasi Penerapan ringkaS.

- Contoh Me-ringkaS di Laci Meja Kerja Anda -

Pembahasan PENERAPAN ringkaS lebih lanjut :
    3.1.1 Label Merah
    3.1.2 TPS : Tempat Penyimpanan Sementara
    3.1.3a Inventaris
    3.1.3b Persediaan
    3.1.3c Arsip
    3.1.4 BAP : Berita Acara Pemusnahan
3.2. PERAWATAN ringkaS
3.3. PEMANTAPAN ringkaS

W e l c o m e !

"Terima kasih, Anda telah berada di beranda rumah Shopfloor Improvement Specialist , disinilah tempat berbagi pengetahuan & pengala...