3. Memindahkan (Transporting)
Memindahkan atau mengangkut produk dari proses ke proses adalah kegiatan yang tidak menambahkan nilai ke dalam produk.
Pergerakan yang berlebihan dan penanganan yang berlebihan akan menimbulkan kerusakan dan kemungkinan mengakibatkan mutu produk yang menurun. Penyebabnya adalah tata ruang atau lay-out pabrik yang buruk dimana lokasi proses sebelumnya atau proses berikutnya terletak saling berjauhan. Para pengangkut material sudah terbiasa dengan menangani proses pemindahan barang, padahal aktivitas ini menciptakan biaya produksi yang tidak menambahkan nilai dari sudut pandang pelanggan. Transportasi menjadi sulit dikurangi karena biaya pemindahan material dengan biaya proses yang menyatu. Sering kali sulit menelusuri proses mana sebaiknya yang menjadi proses berikutnya. Dengan memetakan aliran produk bisa membuat pemborosan ini menjadi lebih mudah terlihat.
Berpindah tempat adalah Pemborosan, ada berapakah Pemborosan lainnya yang terjadi disini?
3.1 Penyebab dari pemborosan memindahkan
- Tata ruang atau lay-out pabrik yang buruk
- Pemahaman terhadap aliran proses produksi yang buruk
- Produksi dengan sistim batch yang besar
- Area penyimpanan yang terlalu besar
- Pertumbuhan produksi tidak disertai dengan strategi penataan lay-out kerja
- Lay-out berorientasi pada proses
Diagram 3.1: Contoh lay-out berorientasi pada proses.
3.2 Akibat dari pemborosan memindahkan
- Area transit atau penyimpanan sementara
- Sub-Warehouse
- Ekstra penanganan
- Cacat akibat dari salah penanganan
- Ada peralatan untuk ekstra penangan seperti; forklift, hand lift, hand pallet, dolly, troley, conveyor, dll
- Persediaan berada di dalam sistim transportasi
- Pemborosan energi
3.3 Daftar periksa pemborosan memindahkan
- Terjadi penumpukan pada saat memindahkan
- Menggunakan sistim transit
- Menggunakan alat bantu transportasi
- Proses sebelumnya / sesudahnya berada di tempat lain
- Jarak perpindahan terlalu jauh
- Pengiriman perlu dipandu
- Mendekatkan jarak antar proses
- Lay-out berorientasi pada produk
- Value Stream Management
Diagram 3.4: Contoh lay-out berorientasi pada produk.